Qalqalah

Selasa, 15 Juni 2010

0

Qalqalah

QALQALAH.....
1. Pengertian
Qalqalah menurut bahasa berarti gerak atau getaran suara. Sedangkan secara istilah berarti membunyikan dengan suara yang melebihi makhraj hurufnya atau memantul
Namun perlu diingat bahwa suara atau bunyi Qalqalah hanya berlaku keika huruf Qalqalah tersebut mati (sukun), atau mati karena di-waqaf-kan (dihentikan membacanya). Namun demikian, jika tidak dihentikan membacanya pun, bunyi huruf Qalqalah yang mati itu tetap terdengar secara pelan, artinya bunyi Qalqalah tidak terdengar secara nyaring seperti yang di-waqaf-kan.

2. Hukum Bacaan Qalqalah
Qalqalah memiliki lima huruf mati, yaitu: Qaf, Tho’, Ba’, Jim, Dal. Kelima huruf tersebut dapat dikumpulkan dalam sebuah kalimat pendek, yaitu Qatbu Jadin. Huruf Qalqalah terbagi menjadi dua macam, yaitu:
• Qalqalah Sughra
Sughra berarti kecil. Qalqalah Sughra ialah jika huruf Qalqalah itu memang asalnya mati / sukun, dan umumnya terjadi di tengah-tengah kalimat. Cara membaca Qalqalah Sughro ialah dengan memantulkan bunyi huruf Qalqalah tidak terlalu keras.
• Qalqalah Kubra
Kubra berarti besar. Qalqalah kubra ialah jika huruf Qalqalah itu aslinya tidak mati, tetapi dia mati karena dihentikan atau di-Waqaf-kan, dan berada pada akhir kalimat. Cara membaca Qalqalah Kubra harus lebih keras pantulannya, artinya huruf Qalqalah yang disukunkan itu harus terdengar nyaring.