Selasa, 15 Juni 2010

MIM MATI/SUKUN.....
1. Pengertian Mim Mati / Mim Sukun
Mim mati / mim sukun adalah huruf mim yang berharakat sukun/mati dan huruf sebelumnya berharakat fathah, kasrah, atau dhammah, seperti kalimat berikut:
 Mim Pada kata Lam
 Mim Pada kata Yahum
 Mim Pada kata Lahum
2. Hukum Bacaan Mim Mati
Jika mim sukun bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah, hukum bacaannya terbagi pada tiga macam, yaitu:
• Idgham Mutamasilain
Idgham Mutamasilain adalah bertemunya mim sukun/mati dengan huruf mim yang berharakat. Cara membacanya dengan memasukkan suara mim sukun/mati kepada huruf mim yang berada dihadapannya disertai dengan suara dengung yang sempurna. Huruf Idgham Mutamasilain hanya satu, yaitu: Mim
• Ikhfa’ syafawi
Ikhfa’ syafawi menurut bahasa adalah bacaan yang samar-samar diantara dua bibir. Sedangkan menurut istilah, ikhfa’ syafawi adalah bertemunya huruf mim sukun/mati dengan huruf ba’ yang berharakat. Huruf ikhfa’ syafawi hanya ada satu, yaitu: Ba’.
Cara membaca ikhfa’ syafawi adalah menyembunyikan (menyamarkan) bunyi mim sukun dalam suara ba’ yang terdapat dihadapannya dengan nada suara dengung (ghunnah).
• Izhar syafawi
Izhar syafawi adalah bertemunya mim sukun/mati dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 28, selain mim dan ba’. Artinya huruf izhar syafawi ada 26. Dinamakan izhar syafawi karena harus dibaca dengan jelas dengan bibir tertutup.